Domain

Pengaruh Nama Domain Terhadap SEO: Berdasarkan Pengalaman 2021

84 / 100

Apakah anda sedang mencari tahu tentang pengaruh nama domain terhadap SEO? Disini, saya akan menjelaskan betapa pentingnya nama domain sebagai upaya untuk mendongkrak peringkat anda di mesin pencari.

Beberapa hal yang akan kami jelaskan disini adalah:

  • Cara kerja SEO secara umum
  • Nama domain dan pengaruhnya terhadap SEO
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Cara Kerja SEO Secara Umum

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang artinya optimasi mesin pencari. SEO sendiri merupakan langkah teknis yang ditempuh para blogger agar dapat mencapai peringkat terbaik dalam hasil penelusuran. Ini adalah persaingan, dan sifatnya sangat teknis (terkadang, rahasia di bagian tertentu).

Secara umum, SEO berbicara persoalan peringkat. Mengenai cara kerjanya, adalah melakukan perayapan pada situs web yang ada dalam lingkaran mereka. Lalu kemudian, mengambil informasi yang ditemukan dalam sebuah halaman, dan mengelompokkannya berdasarkan kategori tertentu, lalu menampilkannya kepada pengunjung.

Ini adalah deskripsi yang cukup sederhana, untuk memaknai cara kerja SEO. Dibalik layar, ada segudang perilaku teknis yang harus dilakukan dalam mencapai masing-masing bagian itu. Tetapi, anda akan mendapatkan jawaban atas itu lebih detail pada halaman yang lain dari artikel kami.

Tetapi, ada bagian kecil yang juga diambil dan dimengerti oleh perayap. Itu adalah nama domain (Domain Name). Nama domain, adalah bagian yang wajib untuk ditampilkan secara online melalui internet. Sejak nama domain diganti menjadi karakter (huruf), tentu saja ini akan membuat pengguna lebih mudah dalam penggunaan internet.

Tetapi, nama domain tidak hanya sebatas nama belaka. Bentuknya yang kecil, bukan berarti tidak memberi nilai pada SEO. Justru sebaliknya, terdapat nilai khusus untuk nama domain dalam meningkatkan SEO.

Pengaruh Nama Domain Terhadap SEO

Selanjutnya, muncul pertanyaan: “Adakah pengaruh nama domain terhadap SEO?” Pada penjelasan ini, kita akan menjabarkan lebih rinci, berdasarkan pengalaman kami bersama artikelseo.my.id. Mari ikuti lebih dalam.

1. Bagaimana Pengaruh Nama Domain

Disini, kami hanya ingin menjawab bahwa nama domain memiliki pengaruh terhadap SEO. Jawaban itu atas dasar pengalaman dalam tiga bulan sebelumnya. Pada halaman HTML, disana akan lebih banyak memperlihatkan nama domain yang lengkap dengan ekstensi domain itu sendiri. Itu artinya, bagian ini dipandang memiliki pengaruh bagi SEO.

Ditambah lagi, ada beberapa Meta TAG yang dapat dimengerti oleh Google (Crawler), dan dijadikan sebagai sumber informasi saat mereka mengambil informasi dari halaman website. Berbagai Meta TAG ini termasuk nama domain disana. Itu artinya, nama domain memiliki pengaruh penting dalam hal ini.

Meski tidak ada skor angka disini, namun fakta pengalaman yang kami dapatkan mengharuskan kami menjawab bahwa “BENAR. NAMA DOMAIN MEMILIKI PENGARUH“. Tetapi, itu tidaklah dalam ukuran yang besar. Dengan nama domain, tidak serta merta menghantarkan halaman blog berada di peringkat puncak dalam sebuah hasil pencarian tertentu.

Sebenarnya, pembahasan ini tergolong materi lawas, dari praktik-praktik SEO terdahulu. Namun sejak artikel ini diterbitkan yakni Tahun 2021, praktik ini masih kami jalankan, dan itu membuahkan hasil baik.

Kami harus mengatakan bahwa tidak ada yang pasti untuk ini. SEO adalah permainan yang selalu berubah dari waktu ke waktu, dan tidak ada kepastian disana. Jika anda sudah berupaya menentukan nama domain berdasarkan Keyword yang diinginkan, mungkin saja itu tidak akan berhasil.

Ditambah lagi, beberapa waktu yang lalu saya menemukan penjelasan tentang ini, dari Google secara resmi (melalui Search Engine Journal):

Pernyataan Muller tentang pengaruh nama domain terhadap SEO

Pernyataan Muller di atas, sepertinya terlihat konsisten beberapa tahun belakangan, dengan banyak menampilkan hasil pencarian teratas dengan domain yang berbeda dari kata kunci. Sepenuhnya kami setuju dengan pernyataan itu, dan membenarkan itu 100%.

Tetapi lagi-lagi, ini adalah permainan dan tentunya memiliki teknik khusus disini. Kami memandang bahwa nama Domain bukanlah segalanya. Ini hanyalah sebatas pendukung, dari apa yang kami targetkan.

Tehnik Spesial: Kami menggunakan nama “artikelseo.my.id”, karena kami berupaya untuk unggul dalam kata kunci itu. Tetapi, nama domain bukanlah faktor terbesar untuk meraih ini. Harus dilengkapi dengan berbagai hal dan kami memandang konten yang relefan adalah bagian yang penting.

Oleh karenanya, kami setuju dengan pernyataan bahwa tidak akan mendapat peringkat hanya mengandalkan nama domain kata kunci .Tetapi, pengalaman kami menyatakan sebaliknya, dan itu dipengaruhi oleh faktor lain yang lebih besar.

2. Hasil Yang Kami Dapatkan

Sekarang, anda harus mengetahui tentang bagaimana kami meraih ini, dan mengatakan itu baik untuk diterapkan. Dalam tiga bulan belakangan, kami mendapatkan berbagai kata kunci dan itu menyangkut kata kunci yang kami targetkan.

Hasil kami untuk jawaban pengaruh nama domain terhadap SEO

Kami menerima banyak sekali kata kunci yang lahir di setiap halaman kai. Bahkan, beberapa kata kunci itu, termasuk dalam satu halaman (artinya satu halaman ditampilkan dalam 2 kata kunci). Hasil ini, membuat kami menyipulkan bahwa nama domain masih memiliki pengaruh, bila itu dikombinasikan dengan baik.

Jika penerapan teknis seputar SEO dalam bagian terperinci lainnya berjalan dengan baik, maka nama domain berdasarkan Keyword juga akan membantu untuk ini. Hasil itu digambarkan saat kami hanya memiliki sekitar 8 artikel. Keseluruhan artikel kami, hanya mengulas beberapa diantaranya seputar Artikel SEO, dan selebihnya pada topik Blogging secara umum.

Kesimpulan

Meski Muller mengungkap bahwa “No Ranking Benefit to Keywords in Domains“, banyak para ahli meneliti tentang bagaimana nama domain berpengaruh untuk SEO, dan mereka mengatakan bahwa itu berarti. Jadi pada akhirnya, kami mencoba menerapkan tu di Tahun 2021, dan berhasil dengan aktivias lebih teknis lainnya. Jadi, hal ini tidak terlepas dari pemahaman seputar SEO On Page, dan SEO Off Page, untuk membantu menggapai peringkat terbaik di hasil penelurusan.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda berencana untuk menerbitkan sebuah domain Keyword? Atau justru menggunakan Brend sendiri? Keduanya sah-sah saja, dan tetaplah berpegang teguh pada Optimasi SEO. Beri tahu kami melalui kolom komentar.

Wisuda Siska Wulandari Lubis

Artikel dari

Siska Lubis

Menulis adalah kesenangan pribadi saya. Terkadang, saya juga menuliskan seputar artikel dan Blogging disini. Tulisan lain, dapat anda lihat di Lubisel.com

Tinggalkan komentar