permalink_seo

On Page SEO

Permalink SEO: Setting Terbaik Untuk Mesin Pencari 2021

88 / 100

Permalink menjadi bagian yang tak kalah pentingnya untuk menjadi sorotan. Permalink SEO adalah sesuatu yang didambakan setiap blogger.

Tetapi, tidak semua orang mengertk akan hal ini. Bahkan terkadang mereka mengabaikan permalink mereka.

Semestinya, ini menjadi bagian penting untuk dieksekusi saat memutuskan untuk menciptakan artikel SEO.

Beberapa penjelasan disini, akan mengantarkan aja untuk setting terbaik permalink sepanjang pengalaman kami. Mari kita bahas lebih lengkap.

Apa Itu Permalink SEO

Permalink SEO adalah susuna alamat (URL) dalam sebuah situs web di internet yang dioptimasi dengan beberapa langkah dan memperhatikan hal-hal penting tertentu.

Permalink adalah alamat berupa URL dalam internet yang merupakan jalan untuk membuka halaman tertentu yang ada di internet. Permalink bersifat pasti, maksudnya adalah kesalahan kecil akan membuat sebuah halaman tidak akan terbuka, atau terbuka untuk halaman yang lain (bukan yang dituju).

Ia bersifat pasti. Setiap halaman yang ada dan ditemukan di internet pasti memiliki URL tertentu yang disebut sebagai permalink. URL inilah yang ditandai sebagai alamat dimana halaman website itu berada.

Sedang istilah SEO adalah sebuah praktik optimasi lanjutan terhadap sebuah objek tertentu, yang dalam bahasan ini adalah permalink.

SEO adalah upaya mengoptimalkan mesin pencari. Ini berlaku untuk mesin pencari tertentu, seperti Google. Menerapkannya tidak dapat dilakukan dengan sembarang, melainkan ada beberapa tehnik yang dinilai rinci.

Jadi, Permalink SEO adalah sebuah susunan URL yang di-custom sedermikian rupa demi menciptakan URL yang ramah untuk mesin pencari.

Manfaat Yang Didapatkan

Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan bila menerapkan Permalink SEO ini. Beberapa manfaat yang dimaksudkan itu adalah:

1. Membantu Pengunjung Untuk Lebih Mengenal

Ini adalah langkah pilihan yang baik. Setiap blog yang berada di pencarian, mengedepankan persoalan SEO untuk mesin pencari (meski tidak dalam artian mengabaikan human-friendly).

Ada satu hal yang penting dan kerap sekali dilupakan, yaitu persoalan Human Friendly. Maksudnya adalah sesuatu/ konten yang ramah untuk pengguna.

Kebanyakan orang sibuk menghabiskan waktu untuk berbicara mesin pencari (padahal tidak ada yang instan untuk ini).

2. Mendapatkan Peringkat Terbaik

Tentu saja, artikel yang dibuat dengan tehnik SEO mengandung banyak manfaat. Salah satunya yaitu mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari.

Semestinya ini dipengaruhi banyak hal, entah itu dari On Page atau bahkan dari Off Page. Seluruhnya itu sangat bergantung dan saling berkaitan.

Peringkat adalah bagian yang paling diminati bagi sekian banyak Blogger saat mereka menerbitkan artikel. Menulis dengan tehnik yang dimengerti mesin pencari adalah sebuah upaya untuk mendapatkan peringkat terbaik.

3. Kesempatan Muncul di Berbagai Keyword

Ini sebenarnya sifatnya kompleks. Memang berbicara persoalan CTR, memang sedikit sulit untuk diterapkan. Bahkan, saya sedikit kebingungan tentang bagaimana CTR itu dimanfaatkan atau analisis tentangnya.

Menggunakan Keyword yang pendek, lebih memungkinkan untuk muncul diberbagai keyword yang lebih panjang dan tentunya ini menambah CTR yang ada.

Ini sangat memberi manfaat terhadap kredibilitas Blog. Meski kita tidak berbicara apakah itu muncul dan terbuka oleh pengunjung, atau tidak. Tetapi yang jelas, kita memiliki kesempatan untuk muncul disana. Selebihnya, tinggal bagaimana kita mengupayakan untuk LSI atau turunan keyword dalam sebuah artikel.

Cara Membuat Permalink SEO

Ada beberapa tehnik dalam menerapkan permalink SEO yang menurut kami jalan pintas untuk mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari. Beberapa tahapan itu akan dijelaskan disini.

1. Jumlah Karakter Yang Singkat

Panjang atau singkatnya jumlah karakter dalam permalink dinilai memberi pengaruh. Semakin panjang jumlah karakter di permalink, justru semakin membingungkan pengunjung.

Hal ini berlaku sebaliknya. Bila jumlah karakter yang lebih singkat, dinilai lebih mengandung nilai SEO. Salah satu hal yang penting adalah bagaimana pengunjung merasa lebih mudah untuk mengingat itu.

2. Gunakan Keyword

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap halaman yang diterbitkan memiliki kata kunci tertentu. Oleh karena itu, pastinya anda menuliskan artikel mengandung keyword tertentu juga.

Permalink adalah objek memberi pengaruh. Oleh karena itu, tempatkan keyword dalam permalink. Hal yang perlu diperhatikan adalah kerap sekali terlihat bahwa permalink terpotong dan kata kunci tidak terlihat disana.

Oleh karenanya, setelah kita menerapkan permalink yang singkat (poin 1), selanjutnya kita perlu menerapkan kata kunci juga disana.

Keduanya ini saling berkaitan. Jangan sampai kata kunci yang berada di permalink tidak lengkap. Bisa saja itu mengandung makna yang lain dan memperburuk skor SEO pada halaan kita. Lihat penjelasan lebih lengkap dari Neil Patel tentang Permalink SEO.

3. Hindari Kata Penghubung

Kata penghubung memang diperlukan untuk menghubungkan kata yang satu dengan kata lainnya. Tentunya, ini memberikan makna yang lebih jelas bila digunakan.

Tetapi, apakah itu diperlukan untuk permalink?

Dalam mengembangkan sebuah halaman, tentunya memerlukan pokok pikiran yang dalam hal ini dapat juga dikatakan sebagai keyword (kata kunci).

Sebaiknya, hindari kata penghubung bila tidak diperlukan. Terkadang, kata penghubung digunakan untuk teks umum, sedangkan untuk permalink dan pokok bahasan itu diabaikan.

Kami umumnya lebih memilih mengabaikan hal ini. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dimunculkan dalam bahasan yang sesuai.

3 pemikiran pada “Permalink SEO: Setting Terbaik Untuk Mesin Pencari 2021”

  1. Bang, gw sering gk perhatikan permalink. Jdi setelah baca ini, gw lihat permalinknya aneh aneh, sesuai judul memang. Tapi kadang ada jg yg terpotong. Gimana ya solusinya? Artikel udh ke index..

    Balas
    • Hai Siska..
      Mulai dari sekarang, tidak ada salahnya untuk memperhatikan bagian itu. Tapi ingan, mengganti permalink mempengaruhi Indexing di mesin pencari. Jangan sampai artikel yang sudah mendapat peringkat justru diganti. Mungkin bisa memperhatikan untuk artikel yang akan diterbitkan selanjutnya.

      Semoga membantu.. Hehe

      Balas

Tinggalkan komentar